Kamis, 03 September 2015

Asal Mula Terbentuknya Candi Prambanan

Sejarah candi prambanan, dan kisah Roro Jonggrang – candi prambanan merupakan salah satu candi yang terletak di Indonesia dan merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang sangat menarik untuk di kunjungi. Candi Prambanan sering kali dipanggil dengan nama candi Roro Jonggrang. Candi yang didirikan sejak abad ke 9 Masehi ini merupaka candi umat Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan terletak di Kabupaten Klaten dekat Yogyakarta. Candi ini terdiri dari 3 altar sebagai tempat pemujaan. Candi Wisnu terletak di sebelah kanan, Candi Syiwa terletak di Tengah , dan Candi Brahma terletak disebelah utara. Ketiga candi tersebut menghadap ke arah timur.
          Di depan setiap candi terdapat candi-candi yang berukuran lebih kecil yang disebut dengan candi Wahana. Disebut Candi Wahana karena di dalam candi-candi tersebut terdapat patung binatang sebagai wahana tungganagan dari dewa trimurti.

Gambar foto patung Durga di Prambanan yang dipercaya sebagai perwujudan Roro Jonggrang.
Berikut adalah Asal Usul candi Prambanan :
          Zaman dahulu ada sebuah kerajaan di pengging . sang raja mempunyai seorang putra bernama Joko Bandung. Joko Bandung adalah seorang pemuda perkasa, seperti halnya sang ayah . ia juga mempunyai berbagai ilmu kesaktian yang tinggi. Bahkan konon kesaktiannya lebih tinggi dari ayahnya karena Joko Bandung suka berguru kepada para petapa sakti. Di prambanan terdapat sebuah kerajaan , Rajanya bernama Raja Boko . sang raja mempunyai seorang putri berwajah cantik bernama Roro Jonggrang . Raja Boko bertubuh tingi besar sehinnga sebagian besar orang menganggapnya sebagai keturunan raksasa.
          Antara kerajaan pengging dan kerajaan prambanan terjadi peperangan. Pada mulanya Raja penggng kalah. Tentara pengging banyak yang mati di medan perang. Mendengar kekalahan pasukan ayahnya maka Joko Bandung bertekad menyusul pasukan ayahnya. Dalam perjalanan, di tengah hutan , Joko Bandung bertemu dan berkelahi dengan seorang raksasa bernama Bandawasa. Menjelang ajal Bandawasa yang juga berilmu tinggi ini ternyata menyusup ke dalam roh Joko Bandung dan meminta nananya digabung dengan pemuda itu sehingga putra Raja Pengging ini bernama Joko Bandung Bandawasa.
          Joko Bandung maju ke medan perang , selama berhari-hari pertarungan berlangsung, namun pada akhirnya pemuda itu dapat mengalahkan dan membunuh Prabu Boko. Ketika Joko Bandung memasuki istana kaputren ia melihat Roro Jonggrang yang cantik jelita, Joko Bandung langsung jatuh cinta dan ingin memperisterinya, Namun Roro Jonggrang berusaha mengelak keinginananya karena Roro Jonggrang tahu bahwa pembunuh ayahnya adalah Joko Bandung. Namun untuk menolak begitu saja tentu Roro Jonggrang tidak berani , Mka Roro Jonggrang mengajukan syarat, ia mau diperisteri oleh Joko Bandung asalkan pemuda itu bersedia membuatkan seribu candi dan dua buah sumur yang sangat dalam , dalam waktu satu malam.
          Menurut anggapan Roro Jonggrang pasti Joko Bandung tidak mungkin dapat memenuhi permintaan tersebut. Diluar dugaan Joko Bandung menyanggupinya. Joko Bandung Bandawasa yang sakti itu minta bantuan makhluk halus. Mereka bekerja keras setelah matahari terbenam , dan satu persatu candi yang diminta oleh Roro Jonggrang mendekati penyelesaiaan. Melihat kejadian tersebut , Roro Jonggrang heran karena bangunan candi yang begitu banyak sudah hampir selesai. Pada tengah malam sewaktu makhluk halus melanjutkan tugas menyelesaikan bangunan candi yang tinggal sebuah, Roro Jonggrang membangunkan gadis-gadis desa Prambanan agar menumbuk padi sambil memukul-mukulkan alu pada lesung sehingga kedengaran suara yang riuh . Ayam jantanpun berkokok bersahut-sahutan. Mendengar suara-suara tersebut, para mahkluk halus segera menghentikan pekerjaanya. Disangkanya hari telah pagi dan matahari hampir terbit.
          Permintaan Roro Jonggrang tdak dapat dipenuhi karena masih kurang satu bangunan candi . marahlah Joko Bandung , karena ulah dan tipu muslihat dari Roro Jonggrang . waktu itulah Bandung mendekati Jonggrang dan Berkata,”Jonggrang.. kau ini hanya mencari-cari alasan, kalau tidak mau jangan mencoba mengelabuhiku , kau ini keras kepala seperti batu !”?.

Seketika Roro Jonggrang berubah menjadi arca batu besar. Demikian pula para dara yang tinggal di desa Prambanan mendapat kutukan dari Bandung Bandawasa, tidak laku kawin sebelum mencapai usia tua.  Candi yang dibuat makhluk halus meskipun jumlahnya belum mencapai seribu disebut candi sewu yang berdekatan dengan candi Roro Jonggrang, Maka candi Prambanan disebut juga candi Roro Jonggrang.

Demikian Artikel tentang  Candi Prambanan semoga bermanfaat bagi para pengunjung dan para pembaca :)

1 komentar: