Kamis, 03 September 2015

Legenda Watu Ulo




Watu ulo adalah nama salah satu pantai yang ada di kabupaten Jember,ada salah satu ciri khas dari pantai watu ulo ini yaitu susunan batu panjang yang menjorok ke pantai dan menyerupai bentuk ular. Jadi karena susunan batu yang memanjang dan menyerupai ular itulah yang membuat pantai ini kemudian dikenal khas dengan sebutan Watu Ulo.

Konon, dipercaya bahwa wlayah pantai selatan tersebut dihuni oleh Nogo Rojo yang berwujud ular raksasa.Nogo Rojo yang menguasai wilayah pantai ini memakan semua hewan yang ada di dalamnya,hingga masyarakat tidak bisa mendapatkan makanan dari tempat tersebut.
Lantas, tersebut dua orang pemuda bernama Raden Said dan Raden Mursodo yang bersaudara. Kedua pemua tersebut adalah anak angkat dari Nini dan Aki Sambi, pasangan yabg sudah berusia cukup tua. Raden Said yang nantinya dikenal dengan Sunan Kalijaga.
Keduapemuda tersebut memancing di tempat Nogo Rojo tinggal. Karena semua hewan disana telah dimakan oleh Sang Ular Raksasa, maka kedua pemuda tersebut tak berhasil mendapatkan ikan satu pun. Hingga akhirnya, kail Raden Mursodo berhasil mengait satu ikan yang disebut ikan mina. Ikan mina itu ternyata bisa berbicara. Dia meminta agar dilepaskan dan tidak dibunuh untuk dijadikan makanan. Sebagai gantinya, ikan mina tersubut akan memberikan sisik yang bisa berubah menjadi emas untuk Raden Mursodo. Raden Mursodo menyetujuinya dan melepaskan ikan mina itu kembali ke laut.

Namun tak berapa lama kemudian, ternyata muncullah Nogo ojo dan langsung memakan ikan mina yang sudah dilepaskan oleh Raden Mursodo. Geram, Raden Mursodo segera melawan Sang Ular Raksasa dan membelah tubuhnya menjadi tiga bagian. Karena tubuhnya yang besar, tiga bagian ular raksasa itu terpencar. Bagian badannya berada di pantai Watu Ulo Jember, bagian kepalanya berada di Grajakan Banyuwangi, dan bagian ekornya berada di pacitan.
Potongan tubuh Nogo Rojo itulah yang kemudian hingga saat ini dipercaya menetap di pantai Watu Ulo dan menjelma menjadi batu-batuan yang menjorok ke laut. Inilah yang menjadi asal mula terbentuknya Watu Ulo Jember , Jawa Timur.






Demikian artikel tentang Asal usul Watu Ulo semoga bermanfaat bagi para pengunjung dan para pembaca . :)
 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar